Filed under: by: tejoarum




PKS OBOR OBOR BLARAK

Dalam durasi detik saja iklan PKS menyita perhatian banyak pihak, Iklan partai keadilan sejahtera memang mengundang perhatian banyak pihak, banyak pihak yang merasa tertohok, banyak pihak yang merasa bangga, banyak pihak yang merasa memiliki.
Iklan yang menampilkan sang proklamator Soekarno dan Muhammad Hatta, jendral Sudirman, Bung Tomo, pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan dan pendiri Nahdatul Ulama( NU)Hasyim Asy'ari,AM Natsir, dan tak kalah serunya dengan menampilkan mantan presiden soeharto.
Kontroversipun kemudian memenuhi forum forum diskusi, media cetak, media eletronik, dan tentunya dengan berbagai penanggapan yang berwarna warni.
Dalam Teori Ilmu Komunikasi, kepenerimaan komunikan akan pesan yang disampaikan oleh komunikator menjadi dasar penilaian akan keberhasilan suatu proses komunikasi ( Effendi, 1981 )
Penetapan strategi pesan periklanan merupakan suatu keputusan strategis yang mampu menjamin sukses atau gagalnya suatu iklan.
Hal pertama yang harus dilihat dalam iklan adalah keuntungan kunci konsumen atau ide inti sebagai jantung strategi pesan iklan. Kampanye iklan yang efektif sangat berperan besar dalam pencapaian pangsa pikiran (mind share) dan pangsa pasar (market share). Kampanye iklan yang efektif merupakan kampanye periklanan yang didasarkan pada satu tema besar saja. Tema besar ini dikenal sebagai what to say-nya sebuah iklan atau inti dari pesan yang ingin dikomunikasikan kepada audiens.
Strategi iklan yang dilancarkan PKS sangat memberikan makna dan inilah beberapa makna yang dapat kita ambil .

1. ILMU DASAR ( 5 W 1H )
Dalam Strategi periklanan, mencuri perhatian dari berbagai kalangan dan pihak adalah syarat utama, iklan harus mampu menjawab pertanyaan dasar dari rancangan sebuah sebuah kampanye periklanan yang dirumuskan dalam 5W + 1H yaitu :
- What : apa tujuan iklan ?
- Who : siapa khalayak yang akan dijangkau ?
- When : kapan iklan dipasang ?
- Where : di mana iklan dipasang ?
- Why : mengapa harus demikian ?
- How : bagaimana bentuk iklannya?
Dan ternyata PKS lebih jeli memanfaatkan 5W1H, banyak yang beriklan seperti yang PKS lakukan dan bahkan lebih dahulu Startnya, seperti iklannya sutrisno Bachir, Rizal malarangeng, Prabowo dan Gerindra, tapi apakah mereka mampu menjawab apa yang saya sebut dengan Ilmu dasar tersebut
Salah satu factor barrack obama memenangkan kursi kepresidenan negri paman sam adalah strategi periklanannya, hingga ada barrack obama .com dan yang lain lain, mumpung belum ketinggalan jauh dengan PKS mending mengirimkan pansus( panitia khusus) studi banding dengan tim suskses barrack obama, itu saran saya.

Banyaknya kecaman , sanjungan, penolakan, dukungan, itulah yang mungkin PKS harapan, dan inilah fungsi iklan, menarik perhatian massa sebanyak banyaknya entah itu mendukung atau tidak
2. MOMENTUM
Inilah yang perlu di sadari oleh banayak pihak, momentum adalah sebuah kesempatan sekaligus peluang yang akan menentukan sebuah perjalanan, pemanfaatan momentum yang tepat akan menaikkan bargaining position, banyak CEO CEO handal tertunduk lesu karena salah momentum.
Karena ini berhubungan dengan waktu dan tabiat waktu itu tidak akan berulang, siapa yang gagal memanfaatkan ya “nyuwun sewu “terpaksa harus gigit jari, Dalam hal ini bukan hanya Iklan parpol saja tapi untuk semuannya, kegagalan memanfaatkan momentum berarti memotong satu rantai kesuksesan atau kemenganan.
Kita lihat kejelian memanfaatkan momentum parpol parpol kita sanagt kurang, dan saya menilai positif untuk PKS, momentum romadhon, memang semuannya memanfaatkan tapi start dan masifikasinya PKS yang menang, deklarasi partai bernomor 8 ini juga di manfaatkan denagn baik, momentum delapan oktober 2008 ( 080808) sanagt menyita khalayak umum, dalam hal ini PDIP juga memanfaatkan moment 28 oktober dengan launching angka 28 tapi hal itu lekas tenggelam dengan hadirnya iklan PKS, tidak bisa di pungkiri PKS mendapat 2 keuntungan dobel , pertama PKS semakin sering muncul, yang kedua menghambat peredaran atau booming parpol lain, momentum 10 november dimanfaatkan pula oleh PKS, iklan yang spertinya” di gabung” denagn hari pahlawan sangatlah jitu dalam bidang periklanan .
Ke depan kita akan bersama sama mengikuti perkembangan dalam memanfaatkan momentum, sampai bulan april nanti. analisis dalam benak saya, semua parpol lain sudah kalah telak di sector ini karena tidak sungguh sungguh memanfaatkan momentum
3. PSYCHOLOGICAL WARFARE
pengertian Perang psikologi meliputi berbagai rencana yang digunakan untuk melakukan propaganda yang tujuan utamanya mempengaruhi opini, emosi, sikap dan perilaku dari serangan kelompok musuh (asing) disamping dapat digunakan untuk mempengaruhi opini, emosi, sikap dan perilaku kelompok sendiri (warga negara) dalam mendukung tujuan nasional. Ini adalah definisi militer.
Dalam Ensiklopedia Internasional dirumuskan secara singkat bahwa “perang psikologi merupakan aplikasi dari psikologi dalam pelaksanaan suatu peperangan dengan tujuan untuk memperoleh kemenangan tanpa kekerasan”

PKS kalau saya menilai mereka bermain sangat cantik di sini, bagaimana aura kekuatan iklan PKS membuat warna tersendiri untuk republic ini, umpan balik/ respon adalah salah satu indicator keberhasilan sebuah iklan, dan iklan PKS membuktikan hal itu.
Rupa rupanya PKS kalaupun saya ibaratkan menuju 2009 adalah peperangan, akhir tapi sudah kelihatan untuk menjadi jawara, indikatornya adalah beberapa kali mengacaukan emosi, konsentrasi parpol parpol yang lain.
Satu komentar yang saya kutip dalam sebuah forum diskusi kompas.com “Pinter emang PKS, reaksi emosional sejumlah pihak/kelompok yang merasa tokohnya telah dicatut oleh PKS menunjukkan psikologi orang-orang kalah. Toh semua tokoh yang ditampilkan adalah tokoh nasional milik semua golongan di Indonesia. Kalau ada yang tidak iklas sebaiknya usulkan supaya tokoh2 tsb tidak sebagai pahlawan nasional, tetapi pahlawan kelompok.”

4. START ITU PENTING
Factor factor kemenangan salah satunya adalah start hal ini tidak bisa di pungkiri keberhasilan melakukan start yang baik peluang untuk menang dan berhasil menjadi terbuka, bayangkan saja sebuah pesawat ternbang melakukan kesalahan dalam start fatal akibatnya. PKS memberikan makna tentang sebuah start.

5. MANUVER
Sadar atau tidak sadar manuver merupakan bagian terpenting dalam sebuah kebijakan, maneuver yang PKS lakukan tergolong sanagt berani, tapi dari kacamata saya manuver yang dilakukan PKS sangat tepat, karena apa, mampu mencduri banyak pihak , dan itulah tujuan manuver
6. PRO AKTIF
Berdasarkan teori yang dikemukakan Sean Covey dalam bukunya The 7 Habbits of Highly Effective Teens, PKS dipastikan akan menuai kesuksesan di pemilu 2009 dan masa-masa yang akan datang.
Teori Sean Covey memang bersifat umum dalam artian siapapun bisa dan berhak untuk sukses asal memenuhi ‘hukum sukses’ Sean Covey. Dan saya melihat PKS sudah memenuhi kualifikasi itu.
Kualifikasi utama yang disodorkan Sean Covey untuk sukses adalah sikap proaktif. Orang proaktif adalah orang yang fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah dan tidak menguatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah.
Disamping itu orang proaktif akan selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana.
Sedangkan ciri orang yang gagal adalah bersikap reaktif. Dia mudah tersinggung, cenderung menyalahkan orang lain, cepat marah dan mengucapkan kata-kata yang belakangan mereka sesali, suka mengeluh, menunggu segalanya terjadi kepada mereka dan berubah hanya kalau perlu.
Contoh proaktifnya PKS terkini adalah masalah iklan yang membuat heboh. Di saat bangsa ini seolah kehilangan arah dan semangat untuk ‘berubah’, PKS menghadirkan The Founding Fathers negeri ini untuk menyalakan kembali api semangat perjuangan
7. BERPIKIR POSITIF BOZZZ

W.W. Ziege pernah berkata.”Tak akan ada yang dapat menghentikan orang yang bermental positif untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya, tak ada sesuatupun di dunia ini yang dapat membantu seorang yang sudah bermental negatif.
Kita seharusnya terus yakin terhadap diri kita, harus berpikir positif namun bukan berarti harus agresif, tetapi harus yakin dan berpegang teguh pada keyakinan bahwa kita bisa menggapai apa yang kita inginkan.
Orang yang berpikiran negatif selalu saja menerapkan suasana dan kondisi yang negatif pula, sehingga mereka mudah sekali mengalami kesulitan demi kesulitan. Orang yang berpikir positif menarik hal-hal yang positif, sehingga mereka dapat meraih keberhasilan demi keberhasilan. Sedikit sekali orang menyadari bahwa hukum berpikir itu merupakan realitas terbesar, dengan berpikir kita dapat menyelesaikan berbagai hal. Jika kita dapat memahami kekuatan pikiran, kita akan mengawasi pikiran kita dengan hati-hati agar jangan sampai dimasuki dengan pikiran-pikiran yang tidak kita kehendaki.
Padahal pesan semangat perubahan yang ditawarkan iklan PKS begitu patriotik: “Mereka sudah lakukan apa yang mereka bisa. Mereka sudah beri apa yang mereka punya. Mereka guru bangsa kita. Mereka pahlawan kita. Mereka motivator kita. Mereka ilham bagi masa depan kita. Terima kasih guru bangsa. Terima kasih pahlawan. Kami akan melanjutkan langkah bersama PKS. Menuju Indonesia Sejahtera.”
Itulah efek dari iklan, tapi yang patut kita tekankan kembali, bahwa bangsa ini butuh pencerdasan dan pendidikan, kapan partai lain mau menyusul langkah langkah PKS, karena bangsa ini harus segera sembuh dari sakitnya.

0 komentar: